Kemajuan karir
seseorang itu sangat tergantung dari kerja keras orang tersebut dalam merintis karir
kerjanya. Apabila seseorang mau membangun karir kerjanya dengan sungguh-sungguh maka
dia pun bisa mencapai kesuksesan dalam karirnya. Merintis karir bukanlah hal yang mudah, karena merintis karir
itu perlu adanya keseriusan dalam menekuni pekerjaannya. Maka dari itu, ketika
merintis karir tidak ada salahnya seorang pekerja untuk mempelajari tips
bagaimana membangun karir yang sukses.
Berikut ini beberapa kiat dan tips membangun karir untuk
mencapai sebuah kesuksesan dalam bekerja:
§ Keseriusan
dalam bekerja menjadi faktor utama dalam kesuksesan karir seseorang. Karena
jika seseorang serius dalam pekerjaannya niscaya dia akan mendapat prestasi
kerja yang
berimbas positif pada karirnya.
§ Kenalilah
pekerjaan yang dilakukan dengan sebaik-baiknya, carilah pekerjaan yang sesuai
dengan minat Anda.
§ Untuk
mencapai prestasi kerja, tidak ada salahnya Anda menanyakan segala sesuatu
mengenai pekerjaan kepada rekan kerja yang berpengalaman atau atasan Anda. Dengarkanlah
mereka, sehingga Anda dapat belajar banyak dari pengalaman kerja mereka.
§ Seorang
pekerja yang sedang membangun karir kerjanya, hendaklah menanamkan disiplin
waktu pada dirinya. Dengan tertanamnya disiplin waktu dalam bekerja, dia akan
datang kerja tepat pada waktunya, tidak akan korupsi waktu kerja, dan akan
memaksimalkan waktu kerjanya sehingga tidak ada waktu kerja yang terbuang
dengan percuma.
§ Kejujuran
dalam bekerja akan berimbas positif pada prestasi kerja seseorang. Karena
seseorang yang jujur dalam bekerja, dia akan selalu memberikan yang terbaik
demi kemajuan kerjanya.
§ Melakukan
penilaian dan instropeksi kerja pada pekerjaan-pekerjaan yang telah berlalu.
Hal tersebut dapat membantu seseorang untuk mencari apa saja kekurangannya
dalam bekerja. Sehingga di masa yang akan datang dia dapat memperbaiki segala
kekurangannya ketika melaksanakan suatu pekerjaan.
§ Menjadikan
kegagalan bekerja sebagai tombak untuk memperoleh kesuksesan. Jadikanlah
kegagalan sebagai pelajaran, dan usahakanlah untuk tidak terjatuh dalam
kegagalan yang sama.
§ Untuk
mencapai prestasi kerja, hendaklah seseorang memenuhi target pekerjaannya
dengan baik. Penuhilah pekerjaan Anda, aktiflah untuk bertanya kepada atasan
apa saja pekerjaan yang menjadi prioritas untuk Anda lakukan.
§ Dalam
membangun karir, mintalah saran dan kritik atas pekerjaan yang Anda lakukan
dari rekan kerja Anda atau atasan Anda. Jadikanlah kritikan tersebut sebagai
masukan untuk bekerja dengan lebih baik lagi.
§ Bangunlah
komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan Anda, sehingga dapat
tercipta suasana kerja yang nyaman.
§ Untuk
meningkatkan prestasi kerja, ada baiknya membuat rancangan kerja yang matang,
hal tersebut dapat mempermudah Anda mencapai target pada pekerjaan Anda.
Tips tersebut perlu dilakukan dengan kesungguhan dan kerja
keras. Selain itu, tanamkan juga rasapercaya diri , sehingga Anda dapat melangkah dengan
baik menuju kesuksesan.
0 comments:
Post a Comment