Pasti ada satu alasan
mengapa banyak orang sering berhenti menyelesaikan suatu proyek atau tugas
mereka, entah itu tugas kecil atau besar, pada titik-titik tertentu. Mungkin
mereka merasa tugasnya sangat menumpuk atau sangat sulit untuk dikerjakan
sehingga mereka frustasi dan stress. Akhirnya mereka berhenti mengerjakannya
atau setidaknya mereka berpikir untuk berhenti.
Saat mereka frustasi, otomatis
akan tercipta suatu penghalang dalam diri mereka yang menyebabkan motivasi
mereka untuk tetap melanjutkan pekerjaan terganggu. Antusiasme mereka yang
tinggi saat mereka melakukan tugas tersebut pertama kali akan turun dengan
sangat drastis dan kemungkinan mereka berhenti menyelesaikan tugas di tengah
jalan sangatlah besar.
Apakah yang biasanya mereka sering
lakukan di saat seperti itu?
Mereka akan berjalan dengan
menyeret kakinya, membuat kopi dan ketika bertemu dengan seseorang yang ‘tepat’,
mereka akan menghabiskan beberapa menit untuk melakukan pembicaraan satu arah,
mengeluh tentang proyek atau tugas yang sedang mereka kerjakan. Mungkin secara
tidak sadar anda pernah mengalaminya.
Ketika mereka telah selesai
mengeluh, mereka segera kembali pada tugasnya dan berpikir dengan penuh keraguan
dan kebencian, bagaimana mereka dapat menyelesaikan pekerjaan mereka
tersebut.
Daripada anda jatuh pada keadaan
yang lebih sulit lagi dan menambah frustasi anda, saya akan mencoba berbagi 5
cara bagaimana anda tetap produktif dan termotivasi untuk menyelesaikan apa yang
telah anda mulai serta antusias terhadap apa yang anda
kerjakan:
1. Pecahlah tugas anda menjadi
beberapa bagian kecil.
Anda hanya perlu membagi tugas
anda (break
down) menjadi bagian-bagian yang lebih kecil agar lebih
terkendali. Sebagai contoh: anda memiliki target pribadi untuk membuka sebuah
usaha. Jika yang terpikirkan oleh anda hanya membuka tempat usaha dengan segera,
maka anda bisa-bisa frustasi di tengah jalan. Yang perlu anda lakukan adalah
membagi tugas anda tersebut menjadi tugas-tugas yang lebih kecil, seperti :
survei lokasi, mencari supplier, mengurus perijinan, mencari pegawai, membeli
perlengkapan usaha dan melakukan aktivitas promosi. Bukankah terlihat menjadi
lebih mudah?
Dengan membagi tugas anda menjadi
tugas-tugas yang lebih kecil, akan membuat pekerjaan anda juga menjadi tidak
membosankan. Ketika anda berhasil menyelesaikan satu tugas kecil, anda akan
merasa terpuaskan dan gembira. Secara psikologi ini merupakan modal berharga
untuk melangkah ke tugas kecil berikutnya.
Tetapi sebelum anda melanjutkan ke
tugas berikutnya, ada baiknya anda memberikan penghargaan untuk diri anda
sendiri, misalkan membeli secangkir kopi starbucks atau apapun yang bisa
memanjakan anda untuk merayakan pencapaian yang telah anda
lakukan.
Ketika perayaan tersebut berakhir,
kembalilah pada pekerjaan anda dan mulai melakukan tugas kecil anda berikutnya.
Saya yakin mood anda saat itu akan sangat berbeda. Anda akan lebih produktif dan
lebih termotivasi dalam bekerja. Di satu sisi anda akan berusaha mencari lagi
penghargaan-penghargaan berikutnya.
2. Manfaatkan efek bola
salju.
Coba anda temukan bagian dari
tugas anda yang yang paling menyenangkan dan mulailah dari sana. Anda akan dengan
mudah dan cepat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mungkin anda pernah mendengar
tips mengerjakan soal ujian : mulailah dari yang mudah terlebih dahulu,
tinggalkan dulu yang soal-soal yang sulit. Jika anda hanya berkutat pada soal
yang sulit, anda akan stress dan kehabisan waktu, sementara masih banyak soal
yang belum dikerjakan. Prinsip ini pun sama digunakan dalam menyelesaikan tugas
atau proyek anda.
Ketika anda selesai mengerjakan
bagian dari tugas yang menyenangkan, secara tidak sadar anda telah selangkah
lebih maju menuju penyelesaian tugas atau proyek anda. Hal ini tentu saja akan
meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi anda untuk menyelesaikan tugas-tugas
berikutnya yang lebih sulit. Ketika anda berhasil kembali menyelesaikan, rasa
percaya diri anda semakin tinggi lagi. Inilah yang disebut efek bola
salju.
3. Hindari mengerjakan banyak
tugas sekaligus.
Beberapa orang memiliki sifat
ingin cepat menyelesaikan pekerjaannya. Sifat ini sebetulnya baik, namun yang
kurang baik adalah jika hal itu dipraktekkan dengan melakukan banyak tugas
secara serentak. Saya pun dulu suka melakukan kebiasaan yang kurang baik seperti
ini. Akhirnya tidak ada pekerjaan yang terselesaikan, justru memakan waktu yang
lebih lama. Rasa-rasanya superman pun tidak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya
dengan sekaligus.
Fokuslah pada apa yang sudah ada
di depan mata anda. Selesaikan tugas anda satu per satu. Saya jamin anda akan
lebih produktif, tingkat motivasi anda akan terus meningkat (seperti telah saya
sampaikan pada point 1 dan 2), serta anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan
lebih cepat.
4. Beristirahat dan
bersenang-senanglah
Ada satu saat dimana motivasi anda
menurun dan anda merasa tidak bersemangat. Mungkin anda telah melalui hari-hari
yang panjang dan melelahkan, atau tugas yang tersisa begitu beratnya untuk
diselesaikan dan memakan waktu yang sangat banyak. Anda bukanlah robot, oleh
karenanya saya sangat menyarankan anda untuk meninggalkan pekerjaan sementara
waktu.
Lakukanlah hal-hal yang
menyenangkan, seperti menonton bioskop, pergi ke restoran favorit, chatting,
atau berkumpul bersama dengan sahabat-sahabat anda.
Tujuannya disini adalah
mengalihkan perhatian anda dari tugas-tugas anda serta mengurangi
stress/frustasi yang anda rasakan. Jadi ketika anda melakukan hal-hal yang
menyenangkan tersebut, jangan terpikirkan mengenai tugas-tugas yang belum
terselesaikan. Betul-betul lupakan total! Ketika anda kembali pada tugas anda,
saya yakin anda akan lebih santai, segar dan termotivasi untuk
melanjutkan.
5. Beristirahatlah
sejenak.
Beristirahat lagi? Ya, namun kali
ini adalah istirahat sejenak. Setelah anda bekerja selama 40-45 menit, ambillah
break ringan selama 3-5 menit. Disarankan anda sedikit menjauh dari area kerja
anda.
Penelitian mengatakan bahwa
setelah anda bekerja selama 40-45 menit, otak anda cenderung lelah atau
melambat. Mungkin kondisinya tidak memungkinkan anda untuk menunda atau
meninggalkan pekerjaan. Namun intinya adalah ketika anda merasa sangat lelah
atau anda sudah tidak dapat fokus lagi, beristirahatlah sejenak. Lakukan
peregangan, minum segelas air putih, atau berjalan-jalan mencari udara segar.
Anda akan mendapatkan energi tambahan secara instan, sehingga anda akan
termotivasi dan bersemangat untuk melanjutkan kembali pekerjaan
anda.
Jadikanlah 5 hal ini menjadi
bagian dalam hidup anda. Jika anda dapat melakukannya secara konsisten, saya
rasa anda akan lebih produktif, lebih antusias, lebih termotivasi dan memiliki
rasa kepuasan diri yang tinggi.
0 comments:
Post a Comment