Klenger
Burger adalah brand kedai hamburger yang cukup populer di Indonesia dimana
didirikan oleh pasangan suami istri Velly Kristanti dan Gatut Cahyadi.
Perjalanan Velly dan Gatut dalam mendirikan usaha ini cukup menginspirasi
karena beberapa usaha sebelumnya mengalami kegagalan.
Sebelum menjadi pengusaha, mereka adalah pegawai swasta. Saat
menjadi pegawai pun mereka sempat mendirikan rumah makan berkonsep sunda, tapi
omzet yang didapat sangat jauh dari harapan, sehingga rumah makan itu pun
ditutup. Dua tahun berselang atau lebih tepatnya ditahun 2004, Velly dan Gatut
memutuskan untuk keluar dari tempat mereka bekerja dan membangun usaha sendiri.
Dua alumni Universitas Indonesia itupun membangun bisnis Advertising tetapi
gagal. Setelahnya mereka juga sempat membangun bisnis lain di bidang IT, tapi
kembali lagi mereka harus jatuh dalam kegagalan.
Sampai pada suatu titik, Velly dan sang suami membangun kedai
burger ditahun 2006. Alasan menjadikan burger sebagai ladang bisnisnya
sederhana, mereka ingin membuat makanan yang bisa diterima semua kalangan dan
penyajiannya praktis. Velly pun memberi brand kedainya “Klenger Burger”.
Klenger sendiri adalah bahasa Jawa yang artinya “setengah mati”.
Hanya dalam tempo 1 tahun sejak didirikan ditahun 2006, burger
klenger berhasil memikat masyarakat Jakarta dan Velly berhasil mendirikan38
outlet lagi. Outletnya pun dari waktu ke waktu kian bertambah. Lebih dari 80
outlet waralaba tersebar di beberapa kota, seperti Surabaya, Malang, Bali,
Depok, Bandung, dan beberapa kota lagi. Dalam sebulan, total lebih dari 15 ribu
pieces burger laris terjual. Omset yang didapat pun fantastis. Lebih dari 17
milyar bisa mereka raih hanya dalam 1 tahun.
Untuk menjaga keeksisan Klenger Burger di pasar kuliner
Indonesia, wanita bergelar D3 sastra Belanda itu selalu menjaga kualitas
produknya. Dalam hal kerjasama pun ia tidak main-main. Misalnya, Velly
bekerjasama dengan brand burger asal Amerika yang sudah memiliki image kuat,
yaitu “Burger King” dalam penyediaan roti burger. Begitu pula dengan daging, ia
selalu mencari daging dengan kualitas nomor satu sehingga cita rasa selalu
terjamin. Velly dan Gatut pun tak lupa berinovasi dalam pengelolaan produknya.
Salah satu contoh adalah menambah varian rasa sea food dalam burgernya sehingga
tercipta rasa yang unik dan fresh. Kini pasangan yang dikaruniai 2 anak ini
menikmati masa-masa indahnya menjadi pengusaha.
0 comments:
Post a Comment