FREE $25

Friday, April 26, 2013

LAYANAN TERBAIK

Saat kita berada di rumah makan, kita akan bertemu dengan pramusaji.  Saat kita berada di department store, kita akan bertemu dengan Sales Promotion Girls, saat kita berada di hotel, kita akan bertemu dengan resepsionis, bell boy, house keeper sampai security.  Saat kita berada dikantor, kita akan bertemu dengan office boy.  Saat kita berada di suatu tempat, maka kita akan berada dalam sebuah zona

Melayani dan dilayani
Apa yang kita harapkan dari sebuah pelayanan? Tentu saja sebuah kesempurnaan pelayanan yang baik. Saat kita didatangi pramusaji yang dengan ramah menyambut kedatangan kita lalu mencarikan tempat duduk yang nyaman sesuai dengan keinginan kita menempatkan kita pada meja yang bersih dan tertata rapi menyodorkan menu dan memberikan informasi tentang menu mengulang catatan pesanan, kecepatan pemenuhan pesanan, apa yang terlintas dalam benak kita? Kita akan datang lagi ke rumah makan itu, bukan hanya karena kelezatan makanan atau kenyamanan restoran, tetapi juga karena keramahan pelayanan.  Sebuah pelayanan terbaik dilandasi dengan :

Ketulusan
Sebuah pelayanan yang tulus, tidak dibuat-buat serta apa adanya akan memberikan aura positif bagi orang yang akan dilayani.  Mereka akan memahami, apakah pelayanan itu diberikan dengan tulus atau dibuat-buat.  

Informatif
Orang yang kita layani akan mengharapkan sebuah informasi yang lengkap atas hal-hal yang akan diperolehnya.  Pemberian informasi yang lugas, jelas dan kejujuran informasi akan membuat orang yang kita layani merasa dihargai

Total
Memberikan pelayanan tidak boleh setengah-setengah, kita harus memberikan pelayanan secara integral, menyeluruh dan total.  Keseluruhan pelayanan saat orang yang kita layani datang sampai mereka meninggalkan lokasi kita harus kita berikan secara maksimal.  

Menerima dan menindaklanjuti komplain
Tidak semua totalitas pelayanan kita dapat diterima oleh pelanggan kita, ada kalanya mereka masih merasa tidak puas atas apa yang sudah mereka terima.  Tanyakan keberatan-keberatan mereka dan bila kita adalah pengambil keputusan, segera beri suatu tindakan untuk menjawab keberatan itu.  Bila kita bukan pengambil keputusan, catat keberatan mereka – nama dan alamat mereka, segera ajukan kepada atasan untuk menindaklanjuti

Memberikan pelayanan kepada orang lain memerlukan sebuah keyakinan, semangat, kegembiraan, kejujuran dan ketulusan untuk menghasilkan sesuatu yang positif.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...